SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS
Berkurangnya Kesenjangan
Goal 10 dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau yang dikenal dengan sebutan SDGs memiliki tujuan mengurangi ketimpangan didalam dan antar negara.Mengurangi ketidaksetaraan, kebijakan harus bersifat universal, memperhatikan kebutuhan populasi kurang beruntung dan terpinggirkan. SDGs dalam universitas berfokus pada penelitian universitas tentang kesenjangan sosial, kebijakan mereka tentang diskriminasi dan komitmen universitas untuk merekrut staf dan siswa dari kelompok yang kurang terwakili.
Tabel
| No. | Indikator | Sumber Data | Baseline (2018) | Realisasi Pencapaian | ||||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | ||||||||||||
Mahasiswa generasi pertama (Grafik ) |
||||||||||||||||||
| 1. | Jumlah mahasiswa generasi pertama yang memulai perkuliahan untuk pertama kali | BAK | ||||||||||||||||
| 2. | Jumlah mahasiswa yang memulai perkuliahan untuk pertama kali | BAK | ||||||||||||||||
Persentase mahasiswa asing dari Negara berpenghasilan rendah dengan bantuan (Grafik ) |
||||||||||||||||||
| 3. | Jumlah siswa internasional di tingkat pertama, dari negara berkembang | UPT PKLI | ||||||||||||||||
| 4. | Jumlah siswa tingkat pertama | BAK | ||||||||||||||||
| BP PMB | ||||||||||||||||||
Persentase mahasiswa dengan disabilitas (Grafik ) |
||||||||||||||||||
| 5. | Jumlah mahasiswa | BAK | ||||||||||||||||
| 6. | Jumlah mahasiswa dengan disabilitas | BAK | ||||||||||||||||
Persentase staf dengan disabilitas (Grafik ) |
||||||||||||||||||
| 7. | Jumlah karyawan/staf | BP Remunerasi | ||||||||||||||||
| BUK: Bagian Kepegawian | ||||||||||||||||||
| 8. | Jumlah karyawan/staf penyandang disabilitas | BUK: Bagian Kepegawian | ||||||||||||||||
Tindakan melawan diskriminasi (Grafik ) |
||||||||||||||||||
| 9. | Baru di 2020: Memiliki kebijakan / strategi akomodasi yang wajar dilaksanakan, termasuk mekanisme yang didanai secara memadai untuk para penyandang disabilitas? *sertakan tanggal pembuatan dan tanggal peninjauan terakhir | Badan Pengelola Usaha | ||||||||||||||||
| 10. | Baru di 2020: Menyediakan fasilitas yang dapat diakses oleh orang dengan disabilitas? | Badan Pengelola Usaha | ||||||||||||||||
| 11. | Baru di 2020: Menyediakan layanan dukungan bagi penyandang disabilitas? (contoh: asisten pribadi, penerjemah) | Badan Pengelola Usaha | ||||||||||||||||
| 12. | Baru di 2020: Menyediakan skema akses untuk para penyandang disabilitas? (Mentoring/Jenis dukungan lain) | Badan Pengelola Usaha | ||||||||||||||||
| 13. | Memiliki kebijakan anti diskriminasi dan anti pelecehan? *sertakan tanggal pembuatan dan tanggal peninjauan terakhir | BAK | ||||||||||||||||
| 14. | Memiliki kebijakan pengakuan yang tidak diskriminatif atau merinci dan menjelaskan logika untuk kebijakan positif terkait diskriminasi dalam pengakuan, yang dipublikasikan secara luas?*sertakan tanggal pembuatan dan tanggal peninjauan terakhir | BAK | ||||||||||||||||
| 15. | Memiliki komite keanekaragaman dan kesetaraan, kantor dan / atau pejabat (atau yang sederajat) yang ditugaskan oleh administrasi atau badan pengatur untuk memberi saran dan menerapkan kebijakan, program, dan pelatihan yang terkait dengan keanekaragaman, kesetaraan, inklusi, dan hak asasi manusia di kampus? | BP Remunerasi | ||||||||||||||||
| 16. | Mengukur / melacak aplikasi & penerimaan kelompok yang kurang terwakili (dan berpotensi kurang terwakili) Termasuk etnis minoritas, siswa berpenghasilan rendah, siswa non-tradisional, wanita, siswa LGBT, siswa cacat dll.? | BAK | ||||||||||||||||
| 17. | Menjalankan program untuk merekrut mahasiswa / staf / fakultas dari kelompok yang kurang terwakili? | BAK | ||||||||||||||||
| 18. | Menyediakan program bimbingan/konseling/dukungan antar rekan untuk mendukung siswa, staf, staf pengajar dari kelompok yang kurang terwakili? | BP Remunerasi | ||||||||||||||||
)