SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

Pendidikan Berkualitas

Goal 4 dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau yang dikenal dengan sebutan SDGs memiliki tujuan memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas merata, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua. SDGs dalam universitas berfokus pada kontribusi universitas pada awal tahun dan pembelajaran seumur hidup, penelitian pedagogi dan komitmen terhadap pendidikan inklusif.



Tabel



No. Indikator Sumber Data Baseline (2018) Realisasi Pencapaian
2019 2020 2021 2022 2023 2024 2025
Jumlah lulusan yang memperoleh kualifikasi untuk mengajar di tingkat sekolah dasar (Grafik )
1. Jumlah lulusan Fakultas
UPT Pengembangan Karir
2. Jumlah lulusan yang memperoleh kualifikasi untuk mengajar di tingkat sekolah dasar Fakultas
UPT TIK
UPT Pengembangan Karir
Penyediaan kesempatan belajar seumur hidup (Grafik )
3. Melakukan kegiatan penjangkauan berbasis pendidikan (contoh: Kuliah khusus atau demonstrasi) di luar kampus, seperti di sekolah dan komunitas lokal, termasuk skema relawan mahasiswa (Ad-hoc basis/Bersifat tidak permanen dan khusus) Fakultas
SDGs Center
4. Melakukan kegiatan penjangkauan berbasis pendidikan (contoh: Kuliah khusus atau demonstrasi) di luar kampus, seperti di sekolah dan komunitas lokal, termasuk skema relawan mahasiswa (Sebagai bagian dari program terencana) Fakultas
SDGs Center
5. Memiliki kebijakan yang menjamin terjaminnya akses atas kegiatan-kegiatan di atas tanpa memandang etnis, agama, gender, maupun disabilitas Rektor dan Wakil Rektor
Dekan dan Wakil Dekan Fakultas
SDGs Center
6. Menyediakan akses untuk penggunaan sumber daya pendidikan untuk orang yang tidak menempuh pendidikan di Universitas, seperti: komputer, perpustakaan, kelas daring, akses kuliah umum (Berbayar) UPT TIK
UPT Perpustakaan
7. Menyediakan akses untuk penggunaan sumber daya pendidikan untuk orang yang tidak menempuh pendidikan di Universitas, seperti: komputer, perpustakaan, kelas daring, akses kuliah umum (Gratis) UPT TIK
UPT Perpustakaan
8. Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: kuliah umum, dan even edukatif yang melibatkan komunitas (Ad-hoc/Bersifat tidak permanen) Fakultas
SDGs Center
Unit Kegiatan Mahasiswa
9. Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: kuliah umum, dan even edukatif yang melibatkan komunitas (Program reguler dan terencana) Fakultas
SDGs Center
Unit Kegiatan Mahasiswa
10. Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: program pendidikan eksekutif (merujuk pada kelas/kursus jangka pendek untuk orang-orang yang tidak menempuh pendidikan di level universitas; namun tidak termasuk program magister seperti MBA) dan/atau kelas pelatihan vokasi (Ad-hoc/Bersifat tidak permanen) Fakultas
Rektor dan Wakil Rektor
SDGs Center
LPPM
11. Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: program pendidikan eksekutif (merujuk pada kelas/kursus jangka pendek untuk orang-orang yang tidak menempuh pendidikan di level universitas; namun tidak termasuk program magister seperti MBA) dan/atau kelas pelatihan vokasi (Program reguler dan terencana) Fakultas
Rektor dan Wakil Rektor
SDGs Center
LPPM
Proporsi mahasiswa generasi pertama (Grafik )
12. Jumlah mahasiswa generasi pertama yang memulai perkuliahan untuk pertama kali BAK
13. Jumlah mahasiswa yang memulai perkuliahan untuk pertama kali BAK