SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS
Pendidikan Berkualitas
Goal 4 dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau yang dikenal dengan sebutan SDGs memiliki tujuan memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas merata, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua. SDGs dalam universitas berfokus pada kontribusi universitas pada awal tahun dan pembelajaran seumur hidup, penelitian pedagogi dan komitmen terhadap pendidikan inklusif.
Tabel
No. | Indikator | Sumber Data | Baseline (2018) | Realisasi Pencapaian | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | ||||||||||||
Jumlah lulusan yang memperoleh kualifikasi untuk mengajar di tingkat sekolah dasar (Grafik ) | ||||||||||||||||||
1. | Jumlah lulusan | Fakultas | ||||||||||||||||
UPT Pengembangan Karir | ||||||||||||||||||
2. | Jumlah lulusan yang memperoleh kualifikasi untuk mengajar di tingkat sekolah dasar | Fakultas | ||||||||||||||||
UPT TIK | ||||||||||||||||||
UPT Pengembangan Karir | ||||||||||||||||||
Penyediaan kesempatan belajar seumur hidup (Grafik ) | ||||||||||||||||||
3. | Melakukan kegiatan penjangkauan berbasis pendidikan (contoh: Kuliah khusus atau demonstrasi) di luar kampus, seperti di sekolah dan komunitas lokal, termasuk skema relawan mahasiswa (Ad-hoc basis/Bersifat tidak permanen dan khusus) | Fakultas | ||||||||||||||||
SDGs Center | ||||||||||||||||||
4. | Melakukan kegiatan penjangkauan berbasis pendidikan (contoh: Kuliah khusus atau demonstrasi) di luar kampus, seperti di sekolah dan komunitas lokal, termasuk skema relawan mahasiswa (Sebagai bagian dari program terencana) | Fakultas | ||||||||||||||||
SDGs Center | ||||||||||||||||||
5. | Memiliki kebijakan yang menjamin terjaminnya akses atas kegiatan-kegiatan di atas tanpa memandang etnis, agama, gender, maupun disabilitas | Rektor dan Wakil Rektor | ||||||||||||||||
Dekan dan Wakil Dekan Fakultas | ||||||||||||||||||
SDGs Center | ||||||||||||||||||
6. | Menyediakan akses untuk penggunaan sumber daya pendidikan untuk orang yang tidak menempuh pendidikan di Universitas, seperti: komputer, perpustakaan, kelas daring, akses kuliah umum (Berbayar) | UPT TIK | ||||||||||||||||
UPT Perpustakaan | ||||||||||||||||||
7. | Menyediakan akses untuk penggunaan sumber daya pendidikan untuk orang yang tidak menempuh pendidikan di Universitas, seperti: komputer, perpustakaan, kelas daring, akses kuliah umum (Gratis) | UPT TIK | ||||||||||||||||
UPT Perpustakaan | ||||||||||||||||||
8. | Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: kuliah umum, dan even edukatif yang melibatkan komunitas (Ad-hoc/Bersifat tidak permanen) | Fakultas | ||||||||||||||||
SDGs Center | ||||||||||||||||||
Unit Kegiatan Mahasiswa | ||||||||||||||||||
9. | Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: kuliah umum, dan even edukatif yang melibatkan komunitas (Program reguler dan terencana) | Fakultas | ||||||||||||||||
SDGs Center | ||||||||||||||||||
Unit Kegiatan Mahasiswa | ||||||||||||||||||
10. | Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: program pendidikan eksekutif (merujuk pada kelas/kursus jangka pendek untuk orang-orang yang tidak menempuh pendidikan di level universitas; namun tidak termasuk program magister seperti MBA) dan/atau kelas pelatihan vokasi (Ad-hoc/Bersifat tidak permanen) | Fakultas | ||||||||||||||||
Rektor dan Wakil Rektor | ||||||||||||||||||
SDGs Center | ||||||||||||||||||
LPPM | ||||||||||||||||||
11. | Menyelenggarakan kegiatan di lingkungan universitas yang terbuka untuk umum: program pendidikan eksekutif (merujuk pada kelas/kursus jangka pendek untuk orang-orang yang tidak menempuh pendidikan di level universitas; namun tidak termasuk program magister seperti MBA) dan/atau kelas pelatihan vokasi (Program reguler dan terencana) | Fakultas | ||||||||||||||||
Rektor dan Wakil Rektor | ||||||||||||||||||
SDGs Center | ||||||||||||||||||
LPPM | ||||||||||||||||||
Proporsi mahasiswa generasi pertama (Grafik ) | ||||||||||||||||||
12. | Jumlah mahasiswa generasi pertama yang memulai perkuliahan untuk pertama kali | BAK | ||||||||||||||||
13. | Jumlah mahasiswa yang memulai perkuliahan untuk pertama kali | BAK |